Berita Inforamsi Bola Terbaru 2021
Polri Pastikan Video Rusuh Demonstran di Jakarta Tolak PPKM Hari Ini Hoaks | Zenius sebut Pembelajaran Adaptif Terbukti Lebih Efektif Latih Pemahaman Siswa | Satu Tahun Restrukturisasi, Pertamina Lebih Lean dan Agile | Jabar Matangkan Bansos Provinsi untuk Warga Terdampak PPKM | RUPSLB BRI Setujui Right Issue 28 Miliar Lembar Saham | Gubernur Jatim Minta Maaf Jika Penanganan COVID-19 Belum Memuaskan | Bupati Jember Sumbangkan Gajinya untuk Bantu Warga Terdampak Pandemi | Marco Motta, Brwa Nouri, dan Parade Serdadu Impor Gaek di Liga 1 | Kapolri Sebar Ribuan Bansos untuk Warga Terdampak PPKM Darurat di Bandung | Jenderal Andika Perkasa Kirim 100 Prajurit TNI Latihan di Amerika | PPKM Darurat Tekan Mobilitas Warga Tangerang hingga 30 Persen | Doa Lintas Agama, Ridwan Kamil Doakan Masyarakat Dilindungi dari COVID-19 | 10 Perusahaan Teknologi Ini Disebut Disukai Banyak Karyawan | BOR Turun, Ridwan Kamil Minta Masyarakat Terus Kurangi Mobilitas | Polisi Bongkar Pabrik Produksi 1,5 Juta Obat Terlarang di Lembang |
Home Sitemap Cari disclaimer Contack Me  

Cerita Eks Bos Nissan Carlos Ghosn, Ngumpet Dalam Peti saat Kabur dari Jepang

Oleh : Admin | on 9:00:48am Selasa 27 Juli 2021

Cerita Eks Bos Nissan Carlos Ghosn, Ngumpet Dalam Peti saat Kabur dari Jepang
Jakarta -

Kisah pelarian mantan bos Nissan, Carlos Ghosn kini mulai terungkap satu per satu. Dia kabur dari tahanan rumah dengan bersembunyi di dalam kotak alat musik. Ghosn tak bisa menutup rasa kebahagiaannya saat berhasil mendarat di Beirut, Lebanon.

Dikutip dari BBC, Rabu (21/7) Carlos Ghosn berada dalam kotak atau peti alat musik pada pukul 22.30 di suatu malam pada Desember 2019. Dia nekat meringkuk di dalam peti tersebut selama 30 menit untuk lolos dari jerat hukum.

"Pesawat itu dijadwalkan lepas landas jam 11 malam," kisah Carlos Ghosn.

"Tiga puluh menit menunggu di dalam peti di pesawat, menunggu lepas landas, kemungkinan adalah penantian terlama yang saya alami dalam hidup," sambung dia.

Seperti diketahui Ghosn sempat ditahan pada November 2018 lalu atas tuduhan laporan gaji yang tidak sesuai, dan menyalahgunakan uang perusahaan. Temuan ini didapat dari penyelidikan internal. Dengan alasan ini, Ghosn ditangkap di Jepang dengan tuduhan menyalahi aturan finansial.

Dia sempat ditahan, karena diduga tidak melaporkan gaji sepenuhnya selama lima tahun sampai 2018.

Carlos Ghosn lalu menjadi tahanan rumah dengan beberapa persyaratan yang tidak boleh dilanggar, salah satunya pergi keluar negeri, hingga proses investigasi selesai dan dilanjutkan ke meja hijau.

Seperti yang diketahui, pria berusia 65 tahun ini berhasil pergi ke Lebanon, melarikan diri dari Jepang bulan November 2019. Mantan bos Nissan itu menjadi buronan internasional dan tinggal di tempat ia dibesarkan di Lebanon, negara yang tidak memiliki traktat ekstradisi dengan Jepang.

Carlos Ghosn mengaku Shock dan Trauma

Ghosn mengaku shock dan trauma ketika mengingat penangkapannya di bandara Tokyo tiga tahun lalu.

"Ibarat ditabrak bus atau sesuatu yang benar-benar sangat menimbulkan trauma. Ingatan yang bisa saya tangkap hanyalah syok dan trauma," ujarnya.

Ghosn bercerita ia langsung dibawa ke Pusat Tahanan Tokyo, dan begitu sampai langsung diberi seragam dan dikurung dalam sel.

"Tiba-tiba saya harus hidup tanpa jam, tanpa komputer, tanpa telepon, tanpa berita, tanpa pena - tidak ada apapun," ujarnya.

Lebih dari setahun Ghosn menghabiskan waktu di tahanan dan kemudian berstatus tahanan rumah di Tokyo setelah membayar jaminan.

Tidak jelas saat itu kapan dia diadili - khawatir bakal menunggu bertahun-tahun -, Ghosn akan menghadapi ancaman hukuman penjara 15 tahun bila terbukti bersalah, di negara yang tingkat pemindanaannya 99,4%.

Selama menjadi tahanan rumah, Ghosn juga tidak diizinkan berkontak dengan istrinya, Carole, sehingga dia berupaya mencari jalan keluar.

Memilih kotak alat musik

Carlos Ghosn mengungkapkan alasannya memilih peti pengangkut alat musik untuk kabur dari Jepang.

"Rencananya saya harus tidak ketahuan, saya sehingga saya harus bersembunyi di suatu tempat," tutur Ghosn.

"Dan satu-satunya cara saya bisa disembunyikan ialah berada di dalam kotak atau di bagasi sehingga tidak ada yang bisa melihat saya, mengenali saya, dan rencananya bisa berhasil."

Ghosn mengatakan ide menggunakan kotak alat musik ialah yang paling masuk akal. "Paling logis, terutama saat ini ada banyak konser di Jepang," terang dia.

[Gambas:Twitter]



Tak hanya sekedar kabur, Ghosn juga mengatur bagaimana caranya sebagai sosok yang terkenal bisa pergi dari rumahnya ke bandara, dan melarikan diri tanpa ketahuan. Siasatnya, kata Ghosn, bersikap senormal mungkin.

Mr Ghosn harus menukar setelan jas yang ia kenakan selama bertahun-tahun sebagai eksekutif terkemuka di sektor otomotif global untuk sesuatu yang sedikit lebih kasual.

"Anda bisa membayangkan saya harus pergi ke tempat-tempat yang belum pernah saya kunjungi, membeli pakaian yang belum pernah saya beli," katanya.

"Semua ini adalah bagian dari bagaimana Anda memberi diri Anda kesempatan maksimal untuk sukses dan sama sekali tidak menarik perhatian pada diri sendiri," sambung dia.

Hari yang ditunggu Carlos Ghosn

Pelarian Ghosn sudah terencana dengan matang. Ghosn melakukan perjalanan dengan kereta cepat ke Osaka di mana sebuah jet pribadi Bombardier TC-TSR sedang menunggu di bandara setempat.

Ghosn masuk ke dalam kotak musik, yang dibawa oleh dua pria asal AS yaitu Michael dan Peter Taylor yang menyamar sebagai musisi saat meninggalkan hotel dekat Kansai International Airport. Kedua orang AS yang membantu Ghosn itu kini tengah diadili di pengadilan Jepang.

Secara keseluruhan, Ghosn merasa di dalam kotak selama sekitar satu setengah jam, meskipun Ghosn mengatakan berasa seperti satu setengah tahun.

"Ketika Anda masuk ke dalam kotak, Anda tidak memikirkan masa lalu, Anda tidak memikirkan masa depan, Anda hanya memikirkan saat ini," katanya.

"Tidak takut, dan tidak memiliki emosi apa pun kecuali konsentrasi besar pada 'ini adalah kesempatanmu, kamu tidak dapat melewatkannya. Jika kamu melewatkannya, kamu akan membayar dengan nyawamu, menjadi tahanan di Jepang," kata Ghosn.

Carlos Ghosn berhasil mendarat di Beirut. Kini dia bebas tinggal di sana, sebab Lebanon merupakan negara yang tidak memiliki traktat ekstradisi dengan Jepang.

Bagaimana kata Ghosn tentang orang-orang yang telah membantunya kabur yang kini menjalani persidangan? termasuk Gregg Kelly, mantan koleganya yang dituduh membantu Ghosn menggelapkan pendapatannya.

"Saya diberitahu bahwa tahap akhir sidang pengadilan [Kelly] kemungkinan besar akhir tahun ini. Dan hanya Tuhan yang tahu apa hasilnya nanti atas kasus, yang seperti saya bilang, dibuat-buat," ujar Ghosn.

"Saya menyesali semua pihak yang menjadi korban penyanderaan sistem hukum di Jepang, mereka semua," tambah dia.



Simak Video "Sempat Viral, Segini Harga Nissan March Bekas"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Cerita Eks Bos Nissan Carlos Ghosn, Ngumpet Dalam Peti saat Kabur dari Jepang | Bang Naga | on 9:00:48am Selasa 27 Juli 2021 | Rating 4.5
Cuplikan :Judul: Cerita Eks Bos Nissan Carlos Ghosn, Ngumpet Dalam Peti saat Kabur dari Jepang
Description: Carlos Ghosn bercerita bagaimana rasanya berada di dalam kotak alat musik saat kabur dari Jepang ke Lebanon.
Alamat: https://carsreviewmagazine.com/profil/d-5651468/cerita-eks-bos-nissan-carlos-ghosn-ngumpet-dalam-peti-saat-kabur-dari-jepang.html
Artikel Terkait
PCX 160 dan Nmax 155 Wajib Waspada, GPX Drone 2022 Bawa Mesin 4 Katup!

PCX 160 dan Nmax 155 Wajib Waspada, GPX Drone 2022 Bawa Mesin 4 Katup!


Oto.sumutkota.com - Info PCX 160 dan Nmax 155 Wajib Waspada, GPX Drone 2022 Bawa Mesin 4 Katup! ini dirangkum dari beberapa sumber yang ... Read More →

Mengenal Jenis-jenis Bus di Indonesia, dari Normal Deck sampai UHD

Mengenal Jenis-jenis Bus di Indonesia, dari Normal Deck sampai UHD


Oto.sumutkota.com - Info Mengenal Jenis-jenis Bus di Indonesia, dari Normal Deck sampai UHD ini dirangkum dari beberapa sumber yang ... Read More →

Nissan Terra Terbaru Debut di Asia Tenggara Bulan Depan, Tantang Pajero Sport-Fortuner

Nissan Terra Terbaru Debut di Asia Tenggara Bulan Depan, Tantang Pajero Sport-Fortuner


Oto.sumutkota.com - Info Nissan Terra Terbaru Debut di Asia Tenggara Bulan Depan, Tantang Pajero Sport-Fortuner ini dirangkum dari beberapa sumber yang ... Read More →

Dijuluki Bus Sejuta Umat, PO Sinar Jaya Juga Jadi Pionir Sleeper Bus di Indonesia

Dijuluki Bus Sejuta Umat, PO Sinar Jaya Juga Jadi Pionir Sleeper Bus di Indonesia


Oto.sumutkota.com - Info Dijuluki Bus Sejuta Umat, PO Sinar Jaya Juga Jadi Pionir Sleeper Bus di Indonesia ini dirangkum dari beberapa sumber yang ... Read More →

Data-Fakta Mustang GT500, Mobil Klasik Amerika Serikat yang Terbakar di Pondok Indah

Data-Fakta Mustang GT500, Mobil Klasik Amerika Serikat yang Terbakar di Pondok Indah


Oto.sumutkota.com - Info Data-Fakta Mustang GT500, Mobil Klasik Amerika Serikat yang Terbakar di Pondok Indah ini dirangkum dari beberapa sumber yang ... Read More →

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

Latest Update

  • PCX 160 dan Nmax 155 Wajib Waspada, GPX Drone 2022 Bawa Mesin 4 Katup!
  • Mengenal Jenis-jenis Bus di Indonesia, dari Normal Deck sampai UHD
  • Nissan Terra Terbaru Debut di Asia Tenggara Bulan Depan, Tantang Pajero Sport-Fortuner
  • Dijuluki Bus Sejuta Umat, PO Sinar Jaya Juga Jadi Pionir Sleeper Bus di Indonesia
  • Data-Fakta Mustang GT500, Mobil Klasik Amerika Serikat yang Terbakar di Pondok Indah

  • Terpopuler

  • PCX 160 dan Nmax 155 Wajib Waspada, GPX Drone 2022 Bawa Mesin 4 Katup!
  • Data-Fakta Mustang GT500, Mobil Klasik Amerika Serikat yang Terbakar di Pondok Indah
  • Nissan Terra Terbaru Debut di Asia Tenggara Bulan Depan, Tantang Pajero Sport-Fortuner
  • Mengenal Jenis-jenis Bus di Indonesia, dari Normal Deck sampai UHD
  • Dijuluki Bus Sejuta Umat, PO Sinar Jaya Juga Jadi Pionir Sleeper Bus di Indonesia
  • MotoGP dan WSBK Lewat! Ini 4 Ajang Balap Motor Paling Mematikan di Dunia
  • Bocoran Mobil Baru Nissan untuk Indonesia, Leaf?
  • Mobil Listrik Rp 60 Jutaan Wuling Bakal Punya Pesaing Berat, Harga Lebih Murah?
  • Duh! Pemobil Ngawur Asal Belok Nggak Kasih Sein, Seruduk Motor
  • Potret Deretan Motor Matic yang Bulan Depan Pengendaranya Perlu Bawa SIM CI
  • Mengenal PO Sinar Jaya yang Punya Julukan Bus Sejuta Umat
  • Profil Hugo Milan, Pebalap 14 Tahun yang Tewas Kecelakaan di Sirkuit Aragon
  • Daftar Motor Matic yang Pengendaranya Wajib Punya SIM CI Mulai Agustus
  • Netizen TikTok Lebih Tertarik BMW, Audi Nomor 2
  • Detik-detik Kecelakaan Maut Hugo Milan, Dihantam Motor Lain Usai Terpelanting di Aspal
  • Jadi Wild Card di MotoGP Styria, Dani Pedrosa Bisa Juara?
  • Mitsubishi Fuso Buka Dealer Baru di Pekanbaru
  • Konsumsi Bahan Bakar Keeway V250FI Tembus 35 km/Liter, Cocok Buat Harian
  • Intip Garasi Satpol PP Gowa Mardani Hamdan
  • Bea Cukai Lelang Mini Cooper Jadul, Harga Mulai Rp 152 Juta
  • Nasional

    » Gempa Bumi Hari Ini

    menu


    Tempo LIPUTAN DAIRI CNN Zodiak
    © 2017 - 2021 carsreviewmagazine.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved


    DMCA.com Protection Status


    Page loads : seconds